Monday, October 4, 2010

Kegiatan Magang di SMPN 1 Ciparay

Hari ini kami mulai melaksanakan kegiatan magang di SMP N 1 Ciparay Kabupaten Bandung. Kegiatan awal dimulai dengan perkenalan dengan beberapa orang guru dan siswa-siswa kelas VIII. Berdasarkan kunjungan pertama sebelum mulai magang pada hari Jum'at tanggal  1 Oktober 2010, kami sudah berkoordinasi dengan Waka Kurikulum Pak Zainal dan Guru-guru yang mengajar TIK. Berdasarkan kebijaksanaan sekolah tersebut kami di suruh mengajar kelas IX karena mungkin kelas IX yang sesuai untuk diajarkan mengenai RPG Marker dan E-learning, Kenapa cuma 2 materi itu yang harus disampaikan??? Alasannya karena fasilitas di lab komputernya tidak support dengan 3D Blender dan Mjeni, jadi untuk 2 materi tersebut cuma dijelaskan dengan materi dan mempresentasikan contoh2 produk. Tapi berhubung jadwal untuk kelas IX tidak ada pada rentang waktu Senin - Rabu, dialihkan untuk mengajar kelas VIII dari hari Senin - Selasa, sedangkan pada hari Rabu mengajarkan guru-guru tentang E-Learning.

Untuk pembuatan game tersebut, sebenarnya banyak para siswa yang berminat, tapi tidak memungkinkan untuk mengajarkan mereka dalam jam pelajaran, kami sudah berusaha konfirmasikan ke pihak sekolah memberikan kegiatan tambahan  di luar jam sekolah, tapi tidak ada respon positif,  dengan alasan harus diberitahukan lebih dahulu kepada orang tua masing-masing ditambah lagi minggu depan para siswa harus menghadapi UTS.
Hari pertama, diisi dengan mengenalkan mereka tentang RPG Marker, 3D Blender, Mjeni dan dihubungkan dengan materi pembelajaran siswa. Alhamdulillah, pelaksanaannya berjalan lancar dan siswa sangat antusias sekali mengikutinya...Semoga hari-hari berikutnya berjalan lancar juga...


No comments:

Post a Comment