Saturday, October 23, 2010

Dasar Pemograman Aplikasi Blackberry

Aplikasi Blackberry
Blackberry adalah smart phone buatan Research In Motion (RIM). Aplikasi-aplikasi Blackberry biasanya dibuat dengan java ditambah syntac RIM sendiri, jenis-jenis aplikasi Blackberry terbagi tiga : aplikasi browser, aplikasi java, aplikasi MDS. Aplikasi browser adalah aplikasi web-based yang bisa diakses dengan BlackBerry Browser. Aplikasi Java dibuat dengan CLDC/MIDP API dan BlackBerry API, merupakan alternatif yang bagus untuk membuat aplikasi dengan fitur yang lebih kompleks dan lebih competible dengan Blackberry. Aplikasi MDS runtime adalah aplikasi yang terintegrasi dengan BlackBerry Enterprise Server melalui MDS Integration Service, biasanya ringan dan berbentuk form. Untuk lebih jelas mengenai aplikasi Blackberry dapat mengunjungi situs ini http://docs.blackberry.com/en/admin/deliverables/12873/Types_of_BB_applications_267708_11.jsp
Blackberry memiliki Operating System tersendiri yang khusus dirancang untuk smartphone ini, saat ini seri paling baru dari OS Blackberry adalah versi 6. Semua aplikasi Blackberry berjalan menggunakan service-service berikut : BES (Blackberry Enterprise Server) dan BIS (Blackberry Internet Service).
BES dapat digunakan oleh jaringan e-mail yang berbasis Microsoft Exchange, Lotus Domino, dan Novell Group Wise. BES memang ditujukan bagi pelanggan korporasi dengan cakupan usaha yang besar. BES mengintegrasikan seluruh smartphone BlackBerry pada suatu organisasi dengan sistem perusahaan yang telah ada. Keuntungan yang diperoleh adalah memperluas komunikasi nirkabel dan data perusahaan kepada pengguna aktif dengan cara yang aman.
BIS adalah perangkat lunak yang diperuntukkan bagi pengguna pribadi ini memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan smartphone dengan 10 akun e-mail yang berbasis Post Office Protocol (POP3) dan Internet Message Access Protocol (IMAP), menerima dan mengirim pesan instan, serta berselancar di Internet. Dengan BIS, kita juga dapat membuka tambahan data (attachment) dalam bentuk excel, word, powerpoint, pdf, zip, jpg, gif dengan tingkat kompresi data yang tinggi.

Struktur Aplikasi Blackberry
Aplikasi Java BlackBerry ditulis dengan menggunakan Connection Limited Device Configuration (CLDC) Application Programming Interface (API) yang ada pada Java Micro Edition (J2ME). Aplikasi yang ditulis untuk perangkat BlackBerry menggunakan Mobile Information Device Profile (MIDP) API yang dibangun di atas CLDC dan/atau BlackBerry API.
Gambar di bawah ini menggambarkan fondasi penyusun aplikasi BlackBerry. Dua blok teratas menunjukkan bahwa aplikasi BlackBerry dapat dibangun di atas MIDP API atau Blackberry API. Suatu aplikasi BlackBerry yang hanya dibangun di atas MIDP API (biasa disebut MIDlet) tidak bisa mengakses BlackBerry API, namun tidak sebaliknya. Dengan menggunakan BlackBerry API, Anda bisa membuat aplikasi yang efisien, responsif, dan lebih menarik karena BlackBerry API dirancang khusus untuk perangkat BlackBerry.

RIMlet dan MIDlet mempunyai siklus hidup yang berbeda. Siklus hidup sebuah RIMlet terdiri dari inisialisasi, sebuah titik masuk aplikasi (dengan fungsi main()), dan penghentian aplikasi (dengan fungsi System.exit()). Untuk lebih jelasnya, silakan lihat gambar di bawah ini.
MIDlet, sesuai dengan spesifikasinya, mempunyai siklus hidup sebagai berikut: inactive, active, paused, dan destroyed. Berdasarkan feedback tertentu, kode pada aplikasi MIDlet dapat menyuruh software manajemen aplikasi BlackBerry untuk mengubah status aplikasi MIDlet. Beberapa contoh dari feedback tersebut dapat berupa interaksi pengguna pada perangkat BlackBerry, perubahan tanggal dan waktu, boot up atau shut down, dan masih banyak lagi. Siklus hidup MIDlet dapat dilihat pada gambar berikut.

No comments:

Post a Comment